The Filipino Channel

The Filipino Channel atau TFC adalah perusahaan TV kabel, IPTV dan Video-On-Demand berbasis di Redwood City, California, yang dimiliki oleh konglomerat media asal Filipina, ABS-CBN Corporation. Sesuai dengan nama dari perusahaan tersebut, target pasar dari tayangan TFC.tv adalah masyarakat Filipina yang hidup dan tinggal di luar negeri, terutama di Amerika Serikat (AS).

TFC dibentuk pertama kali pada tahun 1994 sebagai layanan TV satelit yang khusus menyiarkan acara-acara TV lokal untuk komunitas Filipina di Amerika serikat yang berjumlah lebih dari dua juta orang. Hanya dalam waktu satu tahun, TFC sudah memiliki 25.000 subscriber di AS. Keberhasilan ini membuat TFC melebarkan sayap dengan memberikan layanan berupa TV Kabel dan radio digital. Melalui layanan – layanan ini, hingga tahun 2004 TFC sudah memiliki peningkatan pasar di AS hinggal 10x lipat, atau sekitar 250.000 subscriber. Hasil positif ini membuat TFC kembali melebarkan sayap untuk menargetkan komunitas Filipina di seluruh dunia yang jumlahnya mencapai 13.5 juta orang.

Saat ini TFC telah memiliki total 2.47 juta subscriber di seluruh dunia dimana sekitar 700.000 diantaranya merupakan subscriber Video-on-Demand dari channel TFC.tv. Dengan biaya subskripsi sebesar 12.95 $ per bulan, artinya TFC.tv memiliki pemasukan rata-rata sebesar 9 juta dollar sebulan. Hal ini merupakan suatu hal yang menarik karena KMK saat ini memiliki situs Vidio.com yang merupakan layanan Video-on-Demand dan Live streaming. Dengan total komunitas Indonesia di luar negeri mencapai 5.3 juta orang, mungkinkah Vidio.com meniru model bisnis dari TFC ini ?

The Filipino Channel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s