Virus Denzuko, Antivirus Pertama di Dunia

Virus Denzuko dibuat oleh orang indonesia yang bernama Denny Yanuar Ramdhani pada tahun 1988. Pada awalnya, tujuan virus ini adalah mencari dan menghancurkan virus Brain. Jika ada disket yang terinfeksi oleh virus Brain, maka virus Denzuko akan menghapusnya dan menggantinya dengan virus Den Zuk. Pada disket, Virus Den Zuk biasanya bersembunyi di track 40, namun disket yang berkapasitas 360K normalnya memiliki track 0 sampai 39. Virus ini tidak menginfeksi disket dengan kapasitas 1,2 MB atau disket 3,5″ secara sempurna, tetapi akan menghancurkan data di dalamnya. Label volum disket “(c) Brain” pada disket yang terinfeksi virus Brain akan diganti dengan “YùCù1ùEùRùP”. Hal ini dikarenakan YC1ERP adalah nama panggilan sang pencipta yaitu, Denny Yanuar Ramdhani.

Pada komputer yang telah terinfeksi virus Den Zuk, menekan Ctrl-Alt-Del membuat komputer tidak akan melakukan reboot / restart, tetapi akan menampilkan tulisan “DEN ZUK”. Jika dengan cara lain komputer bisa reboot, virus ini akan tetap tinggal dalam memory komputer. Virus Den Zuk mengubah tombol reboot manjadi Ctrl-Alt-F5.

Virus Den Zuk memiliki varian, yaitu Ohio. Virus Ohio sendiri memiliki nama samaran Hacker. Virus ini merupakan versi lama dari virus Den Zuk dan dibuat oleh orang yang sama. Virus Den Zuk sendiri dapat menghapus virus Ohio ini.

Virus ini tercatat oleh semua lembaga yang terlibat dalam perkembangan virus. IBM sendiri mencatat virus Den Zuk merupakan anti virus pertama di dunia. Selain itu, semua setuju bahwa Den Zuk adalah salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah virus komputer dunia. Setelah virus yang sekaligus antivirus ini muncul, anti virus seperti yang kita kenal sekarang mulai muncul. Publikasi tentang sang pencipta virus dimuat di Virus Bulletin edisi Januari 1991.

Deskripsi Virus
Nama : Denzuko
Alias : Den Zuk
Asal : Indonesia
Lahir : 1988
Tipe : Resident Boot Sectors
Repair : No

Referensi

Sumber Artikel

Virus Denzuko, Antivirus Pertama di Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s