Persiapan Development Aplikasi Mobile Bola.com – Part 1

Aplikasi Android Bola.com, ya/tidak?

Saat ini, publishing plaftform KMK memiliki produk Liputan6.com, Bola.com dan Bintang.com. Liputan6.com sebagai produk publishing perdana sudah memiliki versi web dan mobile app (Android dan iOS). Selanjutnya kami mengembangkan versi aplikasi Android untuk Bola.com. Sebelum memutuskan apakah development aplikasi mobile Bola.com diperlukan, kami menyebarkan kuesioner kepada user Bola.com yang salah satu pertanyaannya adalah apakah user membutuhkan aplikasi mobile Bola.com dan jawabannya adalah 60.2% responden menjawab bahwa mereka membutuhkan bola.com hadir dalam bentuk aplikasi mobile. Jadi, kami melanjutkan ke proses selanjutnya.

Beberapa rangkaian proses yang kami lakukan sebelum memulai development ini adalah sebagai berikut:

1.Kuesioner

Tujuannya adalah untuk mengetahui kebiasaan user serta kebutuhan user akan berita olah raga terutama yang berhubungan dengan penggunaan bola.com saat ini.

2. Design Sprint

Memahami kebutuhan user (berdasarkan hasil dari kuesioner), menjawab kebutuhan user dengan mengajukan solusi-solusi berupa fitur, mengembangkan desain, membuat prototype dan memvalidasi prototype.

3. Specification

Menjabarkan fitur-fitur yang akan dikembangakan sejelas mungkin untuk menghindari kesalahpahaman dan mengidentifikasi sedini mungkin jika ada ketidak-konsistenan requirements.

design-sprint-2

 

Kuesioner

Sebelum memulai pengembangan Bola app, kami memiliki hipotesis awal yaitu, user penggemar bola membutuhkan aplikasi untuk membaca berita Bola, seperti halnya user Liputan6 membutuhkan berita terupdate.

Kuesionerpun disebarkan kepada user Bola.com dan user kanal Bola di Liputan6 melalui email dan media sosial. Pertanyaan seputar kebiasaan user dalam mengakses aplikasi berita olahraga, hingga keinginan dan kebutuhan mereka.

Hasil yang diterima cukup memuaskan, beberapa merupakan insight baru dan lainnya sesuai dengan ekspektasi. Yang pasti, hipotesis awal kami bahwa user Bola mengharapkan berita terbaru dari aplikasi Bola, kurang tepat. Meskipun mereka membutuhkan berita yang update mengenai perkembangan Bola, ada hal lain yang lebih mereka butuhkan. 

Input dari kuesioner ini kami jadikan referensi untuk menentukan pengembangan fitur-fitur aplikasi mobile Bola.com. Tetapi input kuesioner ini saja tidak cukup sebagai dasar pengembangan aplikasi Bola. Seperti quote terkenal dari Henry Ford: “If I had asked people what they wanted, they would have said faster horses.” Jadi, apa tahapan selanjutnya? Kami coba gali lebih jauh kebutuhan user seperti apa bukan hanya apa yang mereka inginkan. Dari beberapa metode yang mungkin, kami memilih untuk melakukan Design Sprint. Apa itu Design Sprint? Bagaimana kami melakukan Design Sprint untuk pengembangan Bola?

Tunggu postingan Part-2 ya.

(Update: Baca part 2 di sini)

Persiapan Development Aplikasi Mobile Bola.com – Part 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s