Bermain dengan Face API

Baru-baru ini, ada aplikasi web yang diluncurkan oleh Microsoft yang langsung menarik perhatian masyarakat. Aplikasi itu adalah how-old.net. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengetahui umur seseorang dari foto yang di upload. Walaupun hasilnya sering tidak akurat, tapi hal itu tidak menghentikan banyaknya pengguna yang memakai aplikasi tersebut, yang mayoritas digunakan untuk candaan saja.

Bagi para software developer, ternyata mereka tidak hanya bisa menggunakan aplikasi saja, akan tetapi mereka diberi kesempatan untuk mengembangkan aplikasi yang serupa dengan menggunakan Face API, yang juga dari Microsoft.

Seperti yang bisa dilihat pada laman website tersebut, API ini bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti:

  1. Face Detection
  2. Face Verification
  3. Similar Face Searching
  4. Face Grouping
  5. Face Identification

Dengan informasi yang diberikan API tersebut, bukan hal yang sulit lagi untuk para engineer untuk membuat aplikasi yang bisa mendeteksi wajah pada suatu gambar, kemudian menentukan perkiraan umur dari orang-orang yang ada pada gambar tersebut. Atau mungkin, aplikasi yang bisa digunakan untuk menentukan kemiripan orang pada gambar-gambar yang diberikan.

Hemm… Sepertinya masih banyak lagi ide-ide menarik yang bisa muncul dari API ini. Dan semuanya kembali kepada kreativitas masing-masing developer. :D

Kalau begitu, selamat mencoba!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.